Browse Month by September 2018
Uncategorized

Bumbu Dan Cara Masak Opor Ayam Yang Istimewa

Cara Masak Opor Ayam Yang Istimewa
Cara Masak Opor Ayam Yang Istimewa

Opor Ayam adalah salah satu cara memasak ayam dengan menggunakan santan, dan menurut http://agent88bet.co/setiap kali mendengar tentang Opor Ayam sangat identik dengan lebaran. Di hari raya umat islam atau yang sering dikenal dengan nama lebaran. Pada saat lebaran seluruh keluarga besar biasanya berkumpul untuk saling bersilahturahmi, dan pasti ada banyak sajian istimewa di hari yang istimewa. Yang paling tidak pernah tertinggal adalah Opor Ayam, selain rasanya yang nikmat juga cara membuatnya sangatlah mudah.

Opor Ayam banyak di jadikan sebagai lauk yang di pasangkan dengan lontong atau ketupat, biasanya orang merasa tanpa opor ayam lebaran terasa ada yang hampa. Jadi bagi sebagian orang banyak yang merasa bahwa Opor Ayam adalah menu wajib yang ada pada hari lebaran. Dan lagi kenapa Opor Ayam itu seakan sebagai menu wajib saat lebaran karena Ayam sangat mudah dijumpai baik di super market maupun pasar tradisional atau bahkan di warung-warung.

Memang biasanya saat lebaran tiba harga Ayam pasti naik, tetapi tidak cuma harga Ayam yang naik, hampir semua yang hewani naik dan yang masih bisa di jangkau biasanya kenaikan harga Ayam di banding daging dan ikan. Untuk itulah juga alasan Opor Ayam paling banyak dijumpai saat lebaran.  Opor Ayam juga merupakan lauk yang tidak mengenal usia, karena sambalnya terpisah, jadi untuk anak-anak tetap bisa menikmati Opor Ayam apalagi orang tua.

 

Akan tetapi, karena Opor Ayam berbahan dasar santan sehingga kadang orang khawatir dengan kolesterol atau apapun, untuk bunda yang perlu bunda ingat setiap makan sekali dengan santan harus minum air putih sebanyak 5 gelas. Karena dengan begitu santannya akan berubah menjadi netral di perut. Dan Bunda lebih aman dan akan lebih nikmat itu membuat Opor Ayam sendiri di rumah walah sekarang tidak jarang ada penjual makanan matang yang menjual Opor Ayam.

Jika Bunda merasa kesulitan dan tidak Percaya diri dalam memasak Opor Ayam, apalagi memasak santan kadang membuat momok tersendiri bagi sebagian wanita. Memasak dengan menggunakan santan itu memang gampang-gampang susah bunda, tips dari saturesep.com bunda memasklah dengan api yang konstan dan aduklah tp perlahan dan satu arah. Bunda jika tidak tau resep dari Opor Ayam silahkan bunda ikuti Cara Membuat Opor Ayam Praktis berikut ini.

Cara Masak Opor Ayam Yang Istimewa
Cara Masak Opor Ayam Yang Istimewa

Bahan Cara Membuat Opor Ayam:

Sediakan ayam kampung atau ayam potong sebanyak 1 ekor menjadi 8 bagian atau sesuai selera

Sediakan kelapa 1 butir lalu di parut ambil santannya

Sediakan lengkuas sebanyak 2 cm

Sediakan batang sereh sebanyak 2 batang, bersihkan

Sediakan daun salam sebanyak 3 lembar, bersihkan

Sediakan jahe sebanyak 1cm, bersihkan lalu memarkan

Sediakan minyak goreng secukupnya untuk menumis

Sediakan gula pasir secukupnya

Sediakan garam secukupnya

Sediakan bawang merah sebanyak 6 butir, bersihkan

Sediakan bawang putih sebanyak 4 siung, bersihkan

Sediakan ketumbar sebanyak 1 sendok teh

Sediakan pala sebanyak seperempat butir

Sediakan merica sebanyak 1 sendok teh

Sediakan kemiri sebanyak 4 butir

Sediakan kunyit sebanyak 2 cm, bersihkan

Cara Membuat Opor Ayam:

Cuci bersih Ayam dengan air mengalir lalu tiriskan.

 

Haluskan Bawang merah, bawang putih, ketumbar, pala, merica, kemiri kunyit dan sedikit garam.

Panaskan minyak dengan wajan anti lengket, tumis bumbu yang telah dihaluskan tambahkan lengkuas, daun salam , jahe dan juga batang serai. aduk segera hingga aroma harum.

Tambahkan sedikit air agar bunbu tidak gosong lalu masukkan ayam sambil diaduk pelan hingga ayam berubah warnanya

Kemudian masukkan santan dan gula pasir sedikit. dan silahkan dicicipi jika masih kurang asin bisa di tambah garam.

Masak terus hingga daging ayam dalam opor benar-benar matang dan empuk.

Opor ayam siap disajikan bisa juga di tambah bawang goreng jika suka.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Opor Ayam Praktis yang bisa langsung dipraktekkan oleh bunda di rumah untuk hidangan lebaran. Karena Pasangan Opor Ayam biasane itu adalah lontong atau ketupat, bisa juga membuat lontong atau ketupat sendiri atau membelinya di pasar. Jika bunda ingin membuatnya tetapi sulit menemukan janur maupun daun pisang, bunda bisa membuat dengan plastik.

Jangan lupa juga kunjungi www.saturesep.com karena disana ada berbagai resep masakkan yang mudah untuk di praktekkan. sebelumnya kami juga sudah memposting Resep Choco Chip Cemilan Lebaran pada web yang sama.Terima kasih sudah membaca resep-resep berbagai masakan yang ada pada web kami, semoga tulisan ini selalu membantu. Kami akan sangat menghargai jika bunda bersedia mengshare agar bisa bermanfaat untuk orang lain juga. selamat mencoba dan terimakasih

Uncategorized

Mengenali Penyebab dan Gejala Penyakit Gagal Jantung

Penyakit Gagal Jantung
Penyakit Gagal Jantung
Penyakit Gagal Jantung
Penyakit Gagal Jantung

Pengertian

Gagal jantung adalah istilah yang dipakai untuk menyatakan ketidakmampuan jantung guna memompa darah ke semua jaringan tubuh dengan baik. Hal ini lazimnya dapat terjadi dampak jantung yang melemah atau menjadi lebih kaku.

Gagal jantung bukan berarti bahwa jantung tidak dapat bekerja lagi,namun membutuhkan sokongan untuk melaksanakan kegunaannya dengan baik. Kondisi kesehatan ini bisa terjadi pada masing-masing usia, tetapi lebih tidak jarang terjadi pada populasi dengan umur yang lebih tua. Gagal jantung merupakan situasi kesehatan jangka panjang, tetapi gejalanya bisa dikontrol sekitar bertahun-tahun bila  ditangani dengan baik.

Walaupun tidak semua situasi yang mengakibatkan gagal jantung dapatdibalikkan seperti semula, penanganan dapat diserahkan untukmenanggulangi tanda dan fenomena dari gagal  jantung. Di samping itu, evolusi gaya hidup, laksana menjalani kegiatan fisik secara rutin, mengonsumsi gizi seimbang, dan menanggulangi stres, dapatmembetulkan kualitas hidup.

Penyebab

Gagal jantung dapat diakibatkan oleh sekian banyak  kondisi kesehatan, seperti:

  • Penyakit jantung koroner, di mana pembuluh darah yang memberi pasokan darah ke jantung terhambat oleh lemak yang menumpuk di dalam pembuluh darah itu (aterosklerosis), yang dapat mengakibatkan terjadinya serangan jantung.
  • Tekanan darah tinggi, yang menambah upaya jantung serta dapatmengakibatkan gagal jantung seiring dengan berjalannya waktu.
  • Kardiomiopati, suatu situasi yang memengaruhi otot jantung.
  • Gangguan irama jantung (aritmia), di mana irama jantung tidak reguler.
  • Kerusakan pada katup jantung atau situasi lain yang memengaruhi faedah dari katup jantung.
  • Penyakit jantung bawaan, yang bisa terjadi semenjak lahir dan memengaruhi faedah normal dari jantung.
Penyakit Gagal Jantung
Penyakit Gagal Jantung

Gejala

Beberapa tanda dan fenomena yang umum dicermati pada situasi gagal jantungadalah:

  • Sesak napas, yang khususnya terjadi setelah mengerjakan aktivitas
  • Merasa lelah pada mayoritas waktu dan gampang merasa lelah saatmengerjakan aktivitas
  • Bengkak pada kaki dan pergelangan kaki
  • Penurunan keterampilan untuk beraktivitas
  • Bengkak pada unsur perut
  • Penurunan nafsu santap dan rasa mual
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Peningkatan rasa hendak berkemih pada malam hari

Sebagian orang dengan gagal  jantung pun mengalami tanda danfenomena lain, laksana batuk yang menetap, penambahan denyut jantung, dan rasa pusing. Gejala gagal  jantung pun dapat timbul dalam jangka masa-masa yang cepat pada gagal  jantung akut, maupun secara perlahan dalam jangka masa-masa yang lama pada gagal  jantung kronik.

Diagnosis

Menurut situs https://828bet.online/ untuk mendiagnosis situasi gagal jantung, dokter akan mengerjakan wawancara medis guna mengevaluasi fenomena yang dirasakan sertapengecekan fisis secara langsung.

Dokter pun akan meneliti adanya hal risiko tertentu yang dikaitkan dengan situasi gagal jantung seperti penambahan tekanan darah, penyakit jantung koroner, atau diabetes. Dari pengecekan fisis, dokter akanmemperhatikan suara napas memakai stetoskop untuk meneliti adanya sumbatan pada paru-paru, dan meneliti pembuluh darah pada leher serta penumpukan cairan pada perut dan kaki.

Beberapa pengecekan penunjang yang dapat dilaksanakan mencakup:

  • Pemeriksaan darah, guna melihat faedah ginjal, hati, dan kelenjar tiroid.
  • Pemeriksaan rontgen dada, guna melihat situasi jantung dan paru-paru.
  • Elektrokardiogram (EKG), untuk menyaksikan adanya kelainan padakegiatan listrik jantung.
  • Ekokardiogram, yang memakai gelombang suara guna menampilkan cerminan video dari jantung

Di samping itu, pun terdapat pengecekan penunjang beda yang bisa dilakukan, laksana Computerized Tomography (CT) scan dan Magnetic Resonance Imaging (MRI), bila  dinilai dibutuhkan.

Penyakit Gagal Jantung
Penyakit Gagal Jantung

Pengobatan

Pengobatan dari gagal  jantung ditujukan guna mengendalikanfenomena dan memperlambat progresivitas dari situasi kesehatan ini. Beberapa jenis penanganan yang umumnya dilaksanakan adalah:

  • Perubahan gaya hidup, tergolong menjalani diet yang sehat, berolahraga secara teratur, dan tidak merokok
  • Konsumsi obat-obat tertentu, yang bakal diresepkan oleh dokter. Sebagian orang dengan gagal jantung perlu mengonsumsi duasampai tiga jenis obat.
  • Menggunakan perangkat yang ditanamkan pada jantung, yang ditujukanguna meregulasi irama jantung.
  • Prosedur pembedahan, bergantung dari sekian banyak faktor, sejumlah di antaranya ialah faktor yang mengakibatkan terjadinya gagal  jantung serta respons tubuh terhadap penanganan lain.

Umumnya, seseorang dengan gagal  jantung dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obat secara teratur dan kontrol ke dokter cocok jadwal. Dengan ini, dokter dapat mengawasi keluhan dan fenomena yang dirasakan serta memodifikasi penyembuhan yang dikonsumsi.

Pencegahan

Salah satu kunci dari menangkal terjadinya gagal  jantungialah menghindari hal risikonya. Beberapa dari hal risiko bisa dikontrol dengan evolusi gaya hidup serta mengonsumsi obat-obat tertentubila  dibutuhkan.

Perubahan gaya hidup yang bisa diterapkan mencakup:

  • Menghindari merokok
  • Mengontrol situasi kesehatan tertentu yang dimiliki, contohnya tekanan darah tinggi atau diabetes
  • Melakukan kegiatan fisik secara rutin
  • Mengonsumsi makanan yang sehat dan gizi seimbang
  • Memastikan bahwa berat badan tubuh ideal
  • Menghindari dan menangani stres

 

Uncategorized

Mengenali Penyebab dan Gejala Penyakit Gangguan Kepribadian

Gangguan Kepribadian
Gangguan Kepribadian

Pengertian
Gangguan kepribadian adalah kondisi ketika seseorang berpikir, merasa, berperilaku, bertindak atau berhubungan dengan orang lain secara unik. Bahkan bisa menyimpang atau bertolak belakang dengan perilaku orang lain pada umumnya.
Banyak jenis gangguan kepribadian yang mungkin terjadi. Tetapi secara umum, gangguan kepribadian dibagi menjadi tiga kelas, yaitu
• Kelas pertama adalah perilaku aneh atau eksentrik.
• Kelas kedua adalah perilaku dramatik, emosional, dan tak menentu.
• Kelas ketiga adalah perilaku cemas dan ketakutan.
Penyebab
Penyebab gangguan kepribadian belum bisa dijelaskan dengan pasti. Gangguan ini diperkirakan disebabkan oleh gabungan beberapa faktor –seperti: genetik dan lingkungan, yaitu adanya faktor riwayat trauma karena kekerasan.

Gangguan Kepribadian
Gangguan Kepribadian

Diagnosis
Dokter menentukan diagnosis gangguan kepribadian dari gejala-gejala penderita. Pemeriksaan lebih lanjut dan detail akan dilakukan oleh dokter spesialis kejiwaan melalui percakapan mendalam. Berdasarkan wawancara medis yang dilakukan tersebut, dokter akan merekomendasikan metode pengobatan. Untuk penderita di bawah 18 tahun, gejala harus ada setidaknya selama satu tahun.

Gejala
Gejala gangguan kepribadian sangat bervariasi bergantung dari jenisnya:
Kelas 1
• Gangguan kepribadian paranoid
o Penderita sulit untuk percaya pada orang lain karena takut dimanfaatkan.
o Bersikap sangat berhati-hati dalam berhubungan dengan orang lain karena takut dikhianati.
o Memperhatikan ancaman atau bahaya yang tidak diperhatikan oleh orang normal.
• Gangguan kepribadian schizoid
o Penderita tidak tertarik untuk menjalin hubungan dekat dengan orang lain, termasuk keluarga, karena merasa akan terganggu kebebasannya dan akan menimbulkan banyak masalah.
o Lebih suka menyendiri.
o Berperilaku dingin terhadap orang lain.
o Tidak tertarik pada hubungan intim.
• Gangguan kepribadian schizotipal
o Sulit menjalin hubungan dekat dengan orang lain.
o Mereka berpikir dan mengungkapkan diri mereka dengan cara yang dianggap aneh oleh orang lain.
o Berperilaku eksentrik.
o Mereka percaya dapat membaca pikiran orang lain atau memiliki kekuatan khusus seperti indra keenam.
o Merasakan kecemasan jika orang lain tidak sependapat.
o Merasa sangat cemas dan paranoid bila harus berada di situasi sosial.

Gangguan Kepribadian
Gangguan Kepribadian

Kelas 2
• Gangguan kepribadian antisosial
o Penderita mudah frustrasi dan sulit mengendalikan amarah.
o Selalu menyalahkan orang lain atas masalah dalam kehidupan.
o Bisa bersikap agresif dan kasar serta mengganggu orang lain dengan perilaku mereka.
o Berperilaku berbahaya dan melawan hukum.
• Gangguan kepribadian borderline (gangguan yang paling umum ditemui)
o Penderita mengalami masalah dalam berpikir, memiliki perilaku impulsif, dan masalah dalam mengendalikan emosi.
o Mereka mungkin memiliki hubungan yang intens namun tidak stabil dan sangat cemas orang akan meninggalkannya.
o Memiliki pikiran bunuh diri dan sering merasa kesepian.
• Gangguan kepribadian histrionik
o Penderita tidak merasa nyaman ketika tidak menjadi pusat perhatian.
o Mereka merasa harus menghibur orang lain.
o Orang lain bisa memandangnya perilakunya sebagai dramatis atau terlalu berlebihan dalam menampakkan emosi.
o Bergantung pada persetujuan orang lain.
o Mudah dipengaruhi oleh orang lain.
• Gangguan kepribadian narsisitik
o Penderita merasa berbeda atau lebih baik dari orang lain.
o Mereka bergantung pada orang lain karena memiliki kepercayaan diri yang rapuh.
o Tidak suka jika diabaikan oleh orang lain.
o Tidak menyukai keberhasilan orang lain.
o Mendahulukan kepentingan pribadi dan sering dinilai egois
o Memanfaatkan orang lain.
Kelas 3
• Gangguan kepribadian avoidant
o Penderita sering menghindari pekerjaan atau kegiatan sosial dengan orang lain
o Sangat sensitif terhadap kritik
o Khawatir terus-menerus jika ditolak
o Khawatir ditertawakan atau dipermalukan orang lain
o Menghindari hubungan, persahabatan, dan keintiman karena takut penolakan
o Merasa kesepian dan terisolasi, dan inferior terhadap orang lain
o Menolak mencoba aktivitas baru karena takut mempermalukan diri sendiri.
• Gangguan kepribadian dependent
o Penderita merasa membutuhkan dan tidak dapat mengambil keputusan tanpa bantuan orang lain
o Membiarkan orang lain memikul tanggung jawab atas banyak aspek kehidupan
o Menyetujui hal-hal yang dirasa salah
o Tidak suka kesendirian atau kehilangan dukungan seseorang
o Memiliki kepercayaan diri yang rendah
o Melihat orang lain lebih mampu
o Dinilai orang lain pasif dan terlalu patuh
• Gangguan kepribadian obsesif kompulsif
o Penderita menjaga segala sesuatu agar teratur
o Menetapkan standar tinggi yang tidak realistis untuk diri sendiri dan orang lain
o Khawatir bila Anda atau orang lain mungkin membuat kesalahan
o Mengharapkan malapetaka jika keadaannya tidak sempurna
o Enggan mengeluarkan uang untuk diri sendiri atau orang lain
o Memiliki kecenderungan untuk menggantung barang yang tidak memiliki fungsi atau nilai yang jelas.

Pengobatan
Pengobatan gangguan kepribadian biasanya meliputi terapi berbincang mendalam. Penderita berbicara dengan terapis untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai pemikiran, perasaan, dan perilaku mereka. Terapis juga mendengarkan dan mendiskusikan masalah penting dengan penderita untuk mencari solusinya.
Terapi biasanya berlangsung dalam jangka waktu yang sulit ditentukan, minimal tiga bulan, namun juga tergantung pada tingkat keparahan gangguan mental tersebut.
Obat-obatan yang mungkin dibutuhkan termasuk antidepresan dan antipsikotik tergantung dari gangguan kepribadian yang terjadi.

Pencegahan
Menurut situs Agen Sbobet belum ada cara jitu untuk mencegah gangguan kepribadian. Tetapi terdapat beberapa kiat yang dapat membantu meringankan kondisi penderita dengan gangguan kepribadian, seperti:
• lebih mengenal kondisi gangguan kepribadian tersebut
• berolahraga secara teratur
• menghindari alkohol dan narkoba
• menulis buku harian
• memeriksa kesehatan secara rutin
• melakukan kegiatan relaksasi –seperti yoga, meditasi, dan sejenisnya
• tetap berhubungan dengan teman dan keluarga
• bergabung dengan kelompok pendukung